Jumat, 18 Maret 2011

MEMBANGUN WEB MAIL SERVER

MEMBANGUN  WEB MAIL SERVER

LAPORAN KEGIATAN
PRAKTEK MAGANG TEKNIK KOMPUTER & JARINGAN
DI LAB ICT SMKTI ALFIRDAUS
Jl.AW SYAHRANIE Gg.8 Rt.14 No.99 AMARINDA
17 JANUARI-09 APRIL2011



OLEH :
SRI NURHAYATI
NIS:09.015

JURUSAN TEKNIK KOMPUTER & JARINGAN
SMKTI TERPADU AL-FIRDAUS SAMARINDA
2010 -2011


HALAMAN PENGESAHAN
Laporan Praktek Kerja Industri (PRAKERING) ini di ajukan sebagai bukti kegiatan di industri selama kurang lebih tiga bulan mulai dari 17 januari 2011 sampai dengan 9 April 2011. Laporan ini di buat dan disahkan sebagai salah satu syarat untuk kenaikan kelas semester empat dan Ujian Akhir Sekolah (UAS), bentuk pertanggung jawaban siswa terhadap pihak sekolah dan pihak sekolah.
Samarinda,12 April 2011

Mengetahui / Menyetujui


KEPALA SEKOLAH

Rizal Rahman


NIP : 132 127 817    GURU PEMBIMBING

Nuhajat


NIP : 640 035 368
   







KATA PENGANTAR
Puji syukur kepada Tuhan Yang Maha Kuasa, karena atas campur tangan-Nya sehingga penyusunan laporan Praktek Kerja Industri (PRAKERIN) ini dapat terselesaikan dengan baik. Dan laporan ini sebagai bukti untuk memenuhi bahwa penulis telah melaksanakan Praktek Kerja industri (PRAKERIN) dengan baik.
Penyusunan laporan Praktek Kerja Industri (PRAKERIN) ini adalah salah satu syarat untuk mengikuti Ujian Akhir Sekolah (UAS) dan Ujian Akhir Nasional (UAN) dan laporan ini sebagai bukti bahwa penulis telah melaksanakan dan menyelesaikan Praktek Kerja Industri di SMK TI ALF-IRDAUS.
Dengan ini penulis bertima kasih kepada pembimbing yang selama kurang lebih 3 bulan ini telah memberikan kesempatan untuk melaksanakan praktek kerja industri (PRAKERIN). Laporan ini dapat terbuat dan diselesaikan dengan adanya bantuan dari pihak pembimbing dari pihak sekolah maupun pihak instansi, oleh karena itu penulis mengucapkan terima kasih kepada: Kepala SMK TI AL-FIRDAUS Rizal Rahman Dan guru pembimbing Nuhajat
Akhir dari kesempatan ini penulis menyampaikan terima kasih kepada semua pihak guru yang turut membantu dalam upaya penyelesaian laporan ini. Penulis juga mengharapkan saran dan kritik demi perbaikan dan penyempurnaan laporan tersebut.
Samarinda ,12 April  2011






DAFTAR ISI

Halaman judul        i
Halaman Pengesahan        ii
Kata Penganta        iii
Daftar isi        ix
Daftar Lampiran        v

BAB I PENDAHULUAN
1.1.Latar Belakang
1.2.Urgensi (pentingnya magang)
1.3.Pemilihan tempat magang
1.4.Rumusan Masalah
1.5.Tujuan
1.6.Metode
    1.7.1Metode pelaksanaan magang
    1.7.2.Metode Laporan
    1.7.3Magang
    1.7.4.Time Schedule
1.7.Kerangkai teori TKJ


BAB II Profesi SMKTI Terpadu AL-FIRDAUS
2.1.Sejarah
2.2.Visi misi

BAB III Hasil Kegiatan
3.1.Minggu pertama
3.2.Minggu ke dua
3.3.Minggu ketiga
3.4.Minggu keempat
3.5.Minggu kelima
3.6.Minggu keenam
3.7.Minggu ketuju
3.8.Minggu kedelapan
3.9.Minggu kesembilan
3.10.Minggu kesepuluh
3.11.Minggu kesebelas
3.12.Minggu keduabelas

BAB IV Kesimpulan dan Saran
4.1.Kesimpulan
4.2.Saran


DAFTAR LAMPIRAN
Lampiran 1    :Surat Keterangan Magang
Lampiran 2    :Struktu Organisasi
Lampiran 3    :LAB SMKTI AL –Firdaus Pengembangan



















BAB I PENDAHULUAN
1.1.Latar Belakang
Praktek Kerja Indutri (PRAKERIN) adalah suatu bentuk penyelenggaraan dari sekolah yang memadukan secara sistematik dan sinkron antara program pendidikan di sekolah dan program pengusahaan yang diperoleh melalui kegiatan bekerja langsung di dunia kerja untuk mencapai suatu tingkat keahlian profesional. Dimana keahlian profesional tersebut hanya dapat dibentuk melalui tiga unsur utama yaitu ilmu pengetahuan, teknik dan kiat. Ilmu pengetahuan dan teknik dapat dipelajari dan dikuasai kapan dan dimana saja kita berada, sedangkan kiat tidak dapat diajarkan tetapi dapat dikuasai melalui proses mengerjakan langsung pekerjaan pada bidang profesi itu sendiri. Pendidikan Sistem Ganda dilaksanakan untuk memenuhi kebutuhan tenaga kerja yang profesional dibidangnya. Melalui Pendidikan Sistem Ganda diharapkan dapat menciptakan tenaga kerja yang profesional tersebut. Dimana para siswa yang melaksanakan Pendidikan tersebut diharapkan dapat menerapkan ilmu yang didapat dan sekaligus mempelajari dunia industri. Ada beberapa peraturan tentang Paktek Kerja Industri (PRAKERIN) dan putusan Menteri. Adapun peraturan Praktek Kerja Industri(PRAKERIN) adalah sebagai berikut :
Tercantum pada UU. No. 2 tahun 1989 tentang Pendidikan Nasional yaitu untuk menyiapkan peserta didik melalui kegiataan bimbingan, pengajaran, dan/atau latihan bagi peranannya di masa yang akan datang.
Peraturan Pemerintah No. 29 tahun 1990 tentang Pendidikan Menengah yang bertujuan meningkatkan kemampuan peserta didik sebagai anggota masyarakat dalam mengadakan hubungan timbal balik dengan lingkungan sosial, budaya, alam sekitar, dan meningkatkan pengetahuan peserta didik untuk melanjutkan pendidikan pada jenjang yang lebih tinggi dan untuk mengembangkan diri sejalan dengan perkembangan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (IPTEK) serta kebudayaan;
Peraturan pemerintah No. 39 tahun 1992 tentang peran serta masyarakat dalam Pendidikan Nasional; serta
Keputusan Menteri No. 0490/1993 tentang Kurikulum SMK yang berisi bahwa “Dalam melaksanakan pendidikan dilaksanakan melalui dua jalur yaitu Pendidikan didalam sekolah dan Pendidikan diluar sekolah”.

1.2.Urgensi (Pentingnya magang)
Dalam pengembangan sumberdaya manusia dikenal adanya istilah magang sebagai bagian dari suatu pelatihan. Magang umumnya merupakan pembelajaran bagi siswa/siswi yang sudah lebih berpengalaman atau siswa/siswi lainnya. Meskipun hal itu mungkin dilengkapi dengan pelatihan di luar kelas-pekerjaan. Kebanyakan para siswa/siswi terampil, seperti perancang desain dan jaringan dilatih melalui program magang formal. Bantuan dan tugas belajar selama pelatihan dengan cara magang menggunakan tingkat partisipasi tinggi. Dengan demikian siswa/siswi dapat membuat jaringan dan dapat membangunDNS dan Web Mail Server
Pelatihan selalu ditangani oleh penyelia atau manajer; tidak selalu oleh departemen SDM. Kadang-kadang seorang manajer atau tenaga profesional lainnya mengambil manfaat dan memainkan peranan mentor, dan memberikan ketrampilan dan nasihat karir. Bentuk partisipasi, umpan balik, dan perpindahan pekerjaan sangat mungkin memiliki porsi tinggi dalam proses pembelajaran ini.
Para peserta magang umumnya merasa lebih puas ketimbang dengan pembelajaran yang sifatnya teoritis. Mereka merasa diberi peran banyak untuk mengmbangkan kraetifitasnya. Sekaligus dihargai akan jerih payahnya selama dan sesudah magang
Beberapa hasil studi menunjukkan bahwa pendekatan pelatihan dalam bentuk magang ini berpengaruh terhadap peningkatan ketrampilan dan sikap kerja keras para siswa. Kinerja mereka pun semakin meningkat setelah mereka mengikuti magang antara tiga bulan. Hal ini karena mereka mampu menarik pelajaran dari kekeliruan dan keberhasilan dalam praktek selama magang. Dengan pengalaman magangnya mereka semakin berhati-hati dalam mengerjakan tugas-tugasnya. Pada intinya mereka bekerja dalam upaya meningkatkan mutu kerjanya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar